Alternatif Pekerjaan Setelah Resign Kerja


Urban ID 
- Banyak orang yang bilang kalau mengundurkan diri dari pekerjaan alias resign setelah Lebaran adalah keputusan yang tepat. Pertama, kita bisa mendapatkan THR. Kedua, kita bisa menghabiskan jatah cuti yang belum terpakai. Ketiga, banyak lowongan pekerjaan baru. 

Banyak yang sudah memiliki rencana untuk resign karena satu dan lain hal. Namun sebelum mengambil keputusan, kamu perlu mencoba untuk konsultasi dulu dengan beberapa teman, dan keluarga agar keputusan yang dihasilkan tidak mengecewakan.  adapun untuk kamu yang sudah resign tentu sudah tahu kenyataan bahwa meski lowongan kerja memang ada banyak, nyatanya gak semudah itu untuk dapet pekerjaan baru. 

Kebanyakan pekerjaan bisa dicari di situs pekerja lepas. Pertama-tama kamu perlu mendaftar sebagai freelancer, membuat profil, dan memberi portofolio. Lalu cari pekerjaan yang sesuai dengan skill kamu. Kalau klien tertarik dengan profil dan portofolio kamu, mereka akan menghubungi dan menegosiasi gaji. 

Selain dari situs pekerja lepas, kamu juga bisa lakukan beberapa pekerjaan ini. Apa saja? yuk simak penjelasan dibawah ini.

Menulis artikel lepas

Saat ini banyak sekali perusahaan rintisan alias startup yang membutuhkan konten berupa artikel untuk mengisi situs mereka. Fee-nya tergantung dengan jumlah kata dalam artikel yang kita tulis. Untuk 300-500 karakter, fee-nya di kisaran Rp 100 ribu - Rp 150 ribu. Kalau belum ada kerjaan lagi, kamu bisa ambil sampai 10 artikel dalam seminggu. Lumayan kan?

Menjadi blogger

Kamu mungkin bisa memulai belajar mengoptimasi blog. Mungkin bisa diawali dengan sharing pengalaman dan curhatan, lalu mulai menyusun konten yang unik dan konsisten. Bila traffic sudah tinggi, kamu bisa menghasilkan uang dari slot iklan, kerja sama afiliasi, dan artikel sponsor. Untuk slot iklan, uang yang diterima bisa Rp 200 ribu - Rp 300 ribu per iklan per bulan,  sedangkan untuk artikel sponsor, bisa Rp 200 ribu - Rp 500 ribu per artikel.

Menjadi editor & proofreader

Masih berkaitan dengan konten dan tulisan, kamu juga bisa ambil pekerjaan sebagai editor atau proofreader. Kerjanya ngapain? Beresin typo dan kalimat yang kata susunan katanya masih belum benar. Kamu bertanggung jawab untuk melakukan pengeditan tata bahasa dan screening naskah atau tulisan dari awal hingga akhir agar nggak ada kesalahan sebelum diunggah atau naik cetak. 

Kerjaan yang satu ini memang terlihat lebih mudah dibandingkan yang lain, tapi karena butuh ketelitian tinggi, kamu bisa memilih kerjaan sebagai editor atau proofreader ini kalau lagi gak ada kerjaan lain. Untuk komisi, tergantung banyak tulisan yang diedit, biasanya sih Rp 150 ribu - Rp 200 ribu untuk 600-700 kata.

Menjadi admin media sosial 

Pekerjaan ini bisa diawali dengan membantu teman mengelola media sosial online shop-nya. Di situ kamu bertanggung jawab untuk membuat social media plan seminggu sekali. Konten apapun yang mau diunggah di Instagram, mulai dari gambar dan copy di gambar tersebut, sampai campaign promo berhadiah, itu yang harus dipikirkan. Untuk kerjaan yang satu ini, biasanya gaji secara bulanan, mengingat kerjaannya juga bukan berdasarkan project tapi kontinu. 

Nah, itu dia pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu pengangguran saat ini. Penghasilannya lumayan cukup untuk menyambung hidup dan membayar semua cicilan, hahaha. Siapapun yang punya skill menulis, bisa banget lho untuk melakukan pekerjaan di atas. 

Bahkan semua kerjaan tadi juga bisa dijadikan kerja sampingan untuk kamu yang kerja kantoran. Selama punya gadget (boleh smartphone, laptop, tablet, apapun itu), dan sambungan internet, kita bisa mulai kapan aja. 

Posting Komentar untuk "Alternatif Pekerjaan Setelah Resign Kerja"