Yuk Manfaatkan Momentum Puasa untuk Kesehatan Tubuh

UrbanID - Bulan puasa merupakan momentum yang sangat baik untuk menjaga pola makan dan pola hidup sehari-hari. Bulan Ramadan harus bisa kita manfaatkan untuk mendapat kebaikan bagi tubuh kita. Untuk itulah setiap yang berpuasa harus cerdas menggunakan peluang ini.

Menurut salah satu pakar gizi yaitu Ade Rai, dia mengatakan ada beberapa kesalahan fatal yang biasa dilakukan oleh orang yang melakukan puasa. Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Over Kompensasi

Yang dimaksud dari kompensasi adalah keinginan untuk membalas dendam. Seperti kita tahu ketika berpuasa kita tidak melakukan aktivitas seperti makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Lalu 10 jam yang dimulai dari waktu berbuka hingga menjelang sahur sering digunakan sebagai ajang balas dendam.

Memakan apapun yang ada di meja adalah godaan besar. Tidak jarang  makanan yang kita makan di bulan puasa terkadang lebih besar jumlahnya daripada yang biasanya kita makan di luar bulan puasa. Untuk itulah aksi balas dendam merupakan sesuatu yang keliru dan harus diperbaiki.

Over Kalori

Saat kita makan Apa itu berarti kita menambah asupan kalori dalam tubuh kita jika kita memakan makanan dalam jumlah banyak maka akan menumpuk banyak kalori di dalam tubuh untuk memilih makanan yang bergizi sangat penting guna menghindari over kalori pada diri kita.

Over Karbohidrat

Kelebihan karbohidrat memang tidak pernah baik untuk tubuh ketika berpuasa kita cenderung lebih suka untuk memakan semua jenis makanan. Karbohidrat sendiri bisa bersumber dari makanan yang berasal dari tepung tepung maupun gula.

Over Lemak

Kelebihan lemak dalam tubuh seringkali menimbulkan banyak kerugian titik diantaranya adalah kegemukan yang biasa kita kenal dengan obesitas. Untuk itu memilih makanan yang memiliki kandungan lemak rendah akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Sebaliknya apabila ketika ukur dan putar kita mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak maka hal tersebut bukan sebuah tindakan yang bijaksana.

Over Protein

Dalam keseharian kita jarang menemukan ada seseorang yang kelebihan protein yang bersumber dari makanan. Kelebihan protein bisa terjadi bagi orang yang mengkonsumsii suplemen protein dalam jumlah besar. Meskipun baik protein yang berlebihan tidak akan membawa manfaat bagi tubuh.

Kurang Cairan

Apabila kita terlalu banyak melakukan aktivitas dan tidak diimbangi dengan minum yang cukup maka tubuh akan alami kekurangan cairan. Hal ini berbahaya karena komposisi tubuh menjadi tidak seimbang tubuh akan menjadi lemas dan proses metabolisme tubuh tidak berjalan baik.

Puasa adalah salah satu metode diet yang baik bagi tubuh. Namun tanpa sifat bijaksana, terkadang puasa bisa menjadi masalah tersendiri. Untuk itu berpuasa dan sadar untuk mengkonsumsi makanan sehat adalah pilihan orang cerdas.

Posting Komentar untuk "Yuk Manfaatkan Momentum Puasa untuk Kesehatan Tubuh"